[Review] Cuanki Express Ginding Food – Cuanki Instan Tanpa Bahan Pengawet

Hallo Foochiers!
Kali ini aku mau review jajanan pikul khas Bandung yang akrab banget disapa Cuanki (baca:cuangki). Buat orang Bandung pasti nggak akan asing lagi ketika mendengar kata cuanki. Tapi, buat kamu-kamu yang bukan orang Bandung, tahukah apa itu cuanki?

Yang perlu kalian ketahui adalah bahwa cuanki sebenarnya bukan nama makanan, melainkan singkatan dari ‘Cari Uang Jalan Kaki‘, dimana maksudnya adalah para pedagang yang menjual dagangannya dengan cara dipikul secara berkeliling. Nah, makanan yang dijual berupa bakso dan tahu. Lalu, karena rasa baksonya berbeda dari bakso kebanyakan, akhirnya dinamakan dengan sebutan para pedagangnya, yakni cuanki. Nah, apa yang membedakan bakso cuanki dari bakso lainnya? Tentu cita rasanya. Karena cuanki menggunakan daging ikan sebagai bahan bakunya. Lalu kuahnya pun menggunakan bumbu yang berbeda dari jenis bakso lainnya. Masih belum kebayang ya gimana rasanya? :’)

Nah, yang sekarang mau aku bahas disini adalah cuanki express alias instant yang dijualnya bukan dari abang-abang pedagang pikul, melainkan dijual dalam kemasan secara online oleh ginding food. Wow, cuanki dalam kemasan? Anti mainstream loh.
Penasaran? Ikuti terus sampai tulisan paling terakhir ya!  😉

LogoLicious_20170419_100432LogoLicious_20170419_100127

Bulan Februari lalu, Ibuku memberikan aku cuanki express ini. Awalnya agak bingung, kenapa? Pertama, karena belum pernah tau ada makanan bernama cuanki (hehe) lalu yang kedua, karena baru pertama kalinya melihat makanan instant yang dijual dalam cup selain mie (saya kurang gaul kayanya).

Packagingnya sendiri cukup rapi, desainnya nggak terlihat norak, warna full black goldnya memberikan kesan yang elegan. Sama seperti makanan cup lainnya, cup cuanki ini juga dibaluti plastik, namun masih sedikit terlihat berantakan di bagian atas. Ibu saya bilang, katanya penjual makanan ini masih menggunakan alat manual, jadi wajar kalau package plastiknya masih berantakan.

Cuanki ekspress ini sudah terdaftar di BPPOM serta sudah bersertifikat halal, hanya saja dikemasannya belum tertera label halalnya. Semoga label halalnya segera dicantumkan ya!

LogoLicious_20170419_103742

LogoLicious_20170419_103833

LogoLicious_20170419_104009

LogoLicious_20170419_104120

Isinya apa aja sih?
Nah, untuk isinya tentu ada cuanki yang terdiri dari bakso, tahu kering, batagor serta siomay kering. Nggak pelit, cuankinya disediakan dengan jumlah yang cukup banyak untuk versi makanan dalam kemasan. Ntaps!
Lalu selain cuanki, ada bumbunya juga. Diantaranya adalah, bawang goreng kering, kecap ikan sebagai saus khas cuanki, bumbu penyedap sebagai bumbu andalan yang dirahasiakan (duileh) serta bubuk cabai yang tidak mengecewakan.
Satu lagi, mereka juga menyediakan sendok plastik yang kualitas sendoknya cukup menambah kesan elegan. Biar plastik, tapi ia tidak mudah meleat-meleot (baca:peyot-peyot), sehingga tidak akan membuat makanannya terkontaminasi oleh sendok plastik tersebut.

Pada sisi cup cuanki ini terdapat penjelasan terkait cuanki itu sendiri beserta dengan tips cara menyajikannya. Penyajiannya sangat teramat mudah sekali, cukup dengan mengeluarkan isi cuanki dari plastik ke dalam cup, lalu masukkan semua bumbu dan tuangkan air panas ke dalamnya. Untuk takaran air, sebenarnya disesuaikan saja dengan selera masing-masing. Tapi untuk seleraku, aku menggunakan air sebanyak 200ml, dengan air sebanyak itu sudah cukup membuat rasanya pas. Tidak membuatnya terlalu asin atau bahkan menjadikannya hambar (tapi sekali lagi, ini seleraku). Setelah air panas dituang, cukup diamkan selama 3 menit dan cuanki siap untuk disantap. Simpel sekali, bukan? Dengan begitu maka cuanki ini bisa dibawa dan dinikmati kemanapun, kapanpun dan bagaimanapun.

Apalagi buat kamu yang traveller, ini recommended loh buat kamuu~

LogoLicious_20170419_103717

Rasanya?
Asin, pedas, gurih, dan enaaak!
Enak banget, rasanya pas, dan mungkin karena cuanki ini tidak menggunakan bahan pengawet, jadi rasa kuahnya tidak menohok ditenggorokan. Kalau diperumpamakan sih rasanya mirip-mirip bakso malang. Tapi nggak mirip banget. Bedanya tentu pada daging yang dipakai sih, kalau bakso pada umumnya kan terbuat dari daging sapi dan kuahnya pun terbuat dari kaldu tulang sapi. Nah, kalau cuanki ini terbuat dari daging ikan. Biasanya yang digunakan adalah ikan tenggiri, dan kuahnya pun terbuat dari kaldu tulang ikan. Tapi yang membuat kuah cuanki makin lezat adalah tambahan kecap ikannya. Enak banget jadinya. Dan tentunya cuanki express ini juga menyediakan kecap ikan. Rasa ikannya jadi betul-betul terasa, sedap pokoknya.

Oh iya, bubuk cabainya sendiri terasa loh pedasnya. Tidak seperti makanan instant kebanyakan yang menawarkan rasa pedas namun tidak terasa sama sekali pedasnya. Untuk cuanki ekspress ini pedasnya benar-benar terasa, nggak bohong, jadi bikin puas. Ukuran porsinya juga tidak sedikit. Bagi saya, porsi sebanyak itu sudah cukup untuk membuat kenyang. Tapi kalau kalian merasa kurang, kalian bisa tambahkan mie telor atau dijadikan teman makan bersama nasi. Cuanki ini enak juga loh untuk dijadikan lauk, atau bisa juga ditambahkan topping sendiri, seperti telur rebus, basreng atau bakso. Disesuaikan saja dengan selera masing-masing.

Untuk harga, 1 cupnya itu dijual dengan harga Rp 15.000,-

Mahal? Atau murah? Buat aku sendiri sih, untuk menjadikan cuanki ekspress ini sebagai jajanan sehari-hari ya hitungannya mahal (hehe). Tapi kalau dilihat secara keseluruhan, cuanki dengan rasa yang enak seperti itu, tanpa bahan pengawet pula, ditambah porsinya yang nggak pelit dengan packaging yang terlihat elegan dan aman, dijual dengan harga segitu ya cukup adil. Kalau mau disimpulkan, semuanya tergantung dengan isi dompet masing-masing sih. Hehe.

Intinya, cuanki ekspress ini recommended banget!  ❤

Sekilas Ulasan:

Harga: Rp 15.000,- /cup
Pembelian dilakukan secara online. Bisa melakukan pemesanan di akun instagram @gindingfood. Info lebih lanjut bisa langsung menuju websitenya di www.ginding.co.id

Kelebihan:
– Porsinya cukup untuk membuat kenyang
– Ketersediaan bumbu tidak pelit
– Rasa pedasnya benar-benar terasa
– Enak, sedap, gurihnya pas.
– Tanpa bahan pengawet

Kekurangan:
– Pembungkus plastik cupnya agak berantakan dibagian atas
– Label halalnya belum tercantum

Rating: 4.5 / 5

Fyi, review ini sama sekali bukan endorse atau sponsor, saya pure melakukan review ini atas dasar keinginan saya sebagai konsumer cuanki ekspress ginding food serta sebagai food blogger. Jadi tidak ada sama sekali yang dilebih-lebihkan atau dibagus-baguskan. 100% berdasarkan dari apa yang saya rasakan sendiri.

Terima kasih atas kunjungannya ya, semoga bisa membantu kalian. Selamat mencoba!

Advertisements

4 thoughts on “[Review] Cuanki Express Ginding Food – Cuanki Instan Tanpa Bahan Pengawet”

  1. Ini bacanya antara ngedumel sama bersyukur wkwk. Ngedumel karena nyesel pas lagi laper buka ginian, tp bersyukur karena aku memang sedang berniat membeli makanan kemasan yang bisa dibawa2 gini, yeay! 😀 Susah banget di sini kalau kangen makanan Indo. Makasi ya, reviewnyaa…aku coba ah nanti kalau pulang. 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s