[Review] Pancake Instan: Pancake Mix Pondan

Hallo Foochiers!
Long time no see ya, akhirnya bisa kembali lagi untuk review salah satu menu sarapan hits yang ternyata cukup simple, apa itu? Pancake. Kali ini aku mau review Pancake mix yang banyak di jual di supermarket, yaitu Original Pancake Mix Pondan Indonesia.

LogoLicious_20170623_163201

Beberapa hari lalu,  lagi pengen banget pancake. Tapi saat itu lagi males untuk nge-racik adonan sendiri. Males nakerin tepungnya, gula, susu, dll. Akhirnya coba cari pancake mix di supermarket terdekat, dan dari beberapa pilihan yang ada, aku pilih ini. Kenapa? Karenaa…. Lanjut dibaca aja ya! Hahaha.

Di dalam dus terdapat satu bungkus tepung mix (bungkus bagian bawah) dan satu sachet sirup maple (bungkus bagian atas). Tepungnya cukup banyak, dengan ukuran segitu saya bisa memasak 3 kali dengan waktu yang berbeda. Satu kali masak bisa untuk 2 sampai 4 porsi. Itulah mengapa saya sebut cukup banyak.

Di bagian samping dus ada informasi mengenai produk seperti komposisi dan kandungan gizi, lalu di bagian lainnya ada tips cara memasak pancakenya. Untuk step cara memasaknya pun sudah disediakan di bagian belakang dus. Caranya sangat mudah dan dipaparkan dengan sangat jelas disana. Jadi kita ngga perlu khawatir kebingungan jika lupa atau bahkan gatau apa yang harus dilakukan untuk memasaknya.

Takaran saya saat masak untuk 2 porsi, kira-kira seperti ini;

  • 2 ½ sendok sayur tepung pancake mix
  • 1 butir telur ayam
  • 80 ml air (suhu tidak panas dan tidak dingin)
  • Sedikit garam (secubit)

Masukkan semua ke dalam mangkuk, aduk, baru dituang ke teflon anti lengket yang sudah dihangatkan di atas api kecil sebelumnya. Tuangnya cukup satu sendok sayur saja, agar bentuknya tidak berantakan. Walau sebenarnya sesuai selera masing-masing sih ingin seberapa besar ukuran pancake yang kita inginkan.

Oh iya, untuk yang bingung dan bertanya-tanya kenapa saya memberikan sedikit garam ke dalam adonan? Jawabannya adalah agar supaya cita rasa dari pancake ini betul-betul terasa gurih dan enak dengan tanpa mengurangi sama sekali rasa manis dari pancake itu sendiri. Jadi sebenarnya untuk garam sendiri adalah bahan opsional yang bisa dilewati.

Saran saya ketika membuat adonan itu airnya jangan sampai terlalu banyak. Adonannya dibuat kental saja supaya bisa menjadi pancake yang tebal dan fluffy. Karena pengalaman saya pertama kali membuat dengan adonan yang tidak kental, hasilnya malah pancake jadi kurang mengembang. Sehingga jadi kurang nikmat. Karena kurang mengembang, ukurannya jadi tipis.

Yang saya buat seperti pada gambar diatas itu ada coklatnya dibagian tengah. Inovasi. Jadi setelah menuang satu sendok sayur adonan ke teflon, segera tuang dua sdm selai coklat ke bagian atas pancake, lalu segera tutup coklat tsb dengan 1 atau 2 sdm adonan pancake. Baru setelah itu di balik adonannya. Saya menggunakan selai karena khawatir tidak meleleh dengan sempurna jika menggunakan coklat beku. Alhamdulillah menggunakan selai pun berhasil. Yang penting coklatnya tertutup dengan rapi dan benar.

Untuk bagian coklat hanya opsi saja, tidak pakai coklat juga tidak masalah. Karena sudah ada sirup maple yang bisa menemani pancakenya. Dan fyi, sirup maplenya enaaak. Tidak mengecewakan. Dan rasa pancakenya juga enak. Manisnya tidak lebay seperti merek x yang pernah saya coba sebelumnya. Yang jadi nilai minus dari pancake mix ini adalah, bau tepung nya yang maniiiiisss banget, cukup membuat saya agak mual karena saya kurang suka dengan bau yang terlalu manis. Jadi tiap kali nuang tepung ke mangkuk pasti cepat-cepat diberi air agar bau manis yang lebay banget itu segera hilang (ini bisa jadi poin plus buat yg suka bau manis).

Nah iya, untuk pancake mix ini sudah berlabel halal loh! Jadi jangan khawatir ya buat kalian yang Muslim 😉

Pssst.. Buat kalian yang penasaran kenapa saya milih pancake pondan ini, jawabannya adalah karena ada sirup maplenya! Jadinya irit. Kalau beli pancake mix yang tidak menyediakan sirup maple berarti harus membeli sirupnya dengan terpisah, yang berarti, akan mengeluarkan jumlah uang lebih banyak. And I don’t want to. Haha. Sebisa mungkin harus bisa cari yang irit tapi kualitasnya bagus ;P

Sekilas ulasan:

Harga: Kisaran Rp 19.500 – Rp 23.000

Dapat dibeli di berbagai jenis supermarket

Kelebihan:

  • Tersedia sirup maple
  • Ukuran tepung dan sirupnya seimbang sehingga tidak khawatir kekurangan sirup
  • Harganya terjangkau
  • Rasa manisnya tidak lebay

Kekurangan:

  • Bau tepungnya terlalu manis

Rating: 4.5 / 5

Udah ya sekian dulu. Semoga bermanfaat buat kalian yang males nge- racik adonan pancake sendiri!

See ya ❤

Advertisements

4 thoughts on “[Review] Pancake Instan: Pancake Mix Pondan”

    1. Iya betul, pancake nya memang enaak. Asal adonannya pas dibikin gak encer bisa jadi fluffy dia. Minus di baunya aja :’) silakan di coba Kak 😉

      Thanks for visiting and for loving my blog! ❤

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s