Popcorn Rasa Coklat Kacang with SKIPPY® Peanut Butter (Gak Bikin Eneg!)

Halo Foochiers!

Saat kita sedang santai di rumah, menghabiskan waktu bersama keluarga adalah salah satu hal yang paling asik. Banyak hal yang bisa kita lakukan, seperti salah satunya adalah menonton film bersama. Saat sedang menonton film, tentunya camilan bisa menjadi pelengkap suasana. Dan camilan yang paling khas untuk menemani film sudah pasti popcorn dong, ya gak?

Popcorn adalah makanan ringan yang terbuat dari jagung. Popcorn ini dikenal sebagai sajian yang memiliki cita rasa yang sangat gurih, bahkan kini sudah banyak varian rasa yang bisa dipilih mulai dari rasa asin, karamel, BBQ, pedas manis dan juga keju. Banyak orang yang menganggap bahwa popcorn hanya bisa dinikmati di bioskop, tapi kenyataannya tidak loh.

Sudah banyak sekali jagung popcorn yang dijual di berbagai supermarket. Dengan pengolahannya yang sangat mudah, tentu kita juga bisa membuatnya di rumah. Dan enaknya lagi, kita bisa membuat sebanyak yang kita mau dan memberikan rasa sesuai dengan yang kita suka.

Nah, berbicara tentang rasa, akhir-akhir ini aku lagi seneng banget dengan camilan yang manis-manis. Tapi entah kenapa, aku tidak mau camilan berat seperti biskuit atau wafer, aku butuh camilan yang ringan tapi manis. Dan tentu aku langsung terpikirkan untuk membuat popcorn. Tau sendiri kan kalau popcorn adalah salah satu jenis camilan yang ringan? hehe.

“Lalu untuk rasa kan maunya manis, nah, pakai apa ya? karamel kah?”

Bukan dong! Aku menggunakan sesuatu yang berbeda kali ini, yaitu dengan selai skippy varian rasa chocolate peanut butter atau coklat kacang. Selai satu ini adalah salah satu selai favoritku karena rasa manisnya tidak berlebihan dan biarpun varian satu ini di-mix dengan coklat, namun rasa kacangnya tetap yang paling dominan.

Alasan kenapa aku memilih menggunakan selai skippy ini karena selai bagian kacangnya memiliki rasa asin yang nantinya dapat membuat rasa popcorn tidak over-sweet, masih waras lah ya tingkat kemanisannya (hahaha) dan teksturnya yang sangat creamy ini tentu dapat memudahkan proses pembuatannya.

Biasanya setiap kali kita dengar kata selai, maka yang terlintas di pikiran adalah sepotong roti. Tapi di zaman yang semakin kreatif ini, sudah banyak sekali orang yang berkreasi menggunakan selai untuk memasak.

Oleh karena itu, di sini aku akan mencoba mengkreasikan popcornku dengan menggunakan selai dari skippy. Hmm… Gimana cara membuatnya ya? Penasaran? Kita langsung cek resepnya yuk!


Chocolate Peanut Butter Popcorn with Skippy® Peanut Butter

Bahan:

- 1/2 cup jagung popcorn (100gr)
- 1/3 cup madu murni 
- 1/8 cup gula pasir (30gr)
- 1/3 cup Skippy varian Chocolate Peanut Butter
- 2 sdm minyak kelapa (boleh diganti minyak sayur)*

*disarankan tidak menggunakan mentega atau butter, karena kita tidak ingin membuat popcorn menjadi asin/berasa.
Cara Membuat:

Tuang minyak ke dalam panci alumunium, ratakan minyak ke seluruh permukaan panci, dan nyalakan api ukuran kecil (low heat). Tunggu sampai minyak panas. Cara mengetesnya bisa dengan masukkan satu butir jagung popcorn ke dalam panci.

Kalau jagung percobaan tadi sudah berubah menjadi popcorn, ambil popcorn tersebut dan segera masukkan seluruh jagung popcorn ke dalam panci. Jangan lupa untuk menutup pancinya ya, agar supaya saat jagung mulai meletup, ia tidak bertebaran kemana-mana.

Ah iya, saranku, gunakan panci yang tutupnya bening ya, supaya bisa terlihat ada yang gosong atau tidak.

Kalau sudah tidak ada suara letupan, itu artinya jagung sudah berubah semua menjadi popcorn. Kalau sudah seperti itu, segera pindahkan popcorn ke panci lain (atau boleh juga baskom) untuk menghindari kegosongan dari panci yang masih panas.

Lalu tutup panci (yang baru) tersebut agar popcorn tidak melempem.
Di panci lain (yang kecil saja), tuang madu dan gula pasir. Nyalakan api ukuran sedang (medium heat) dan jangan di aduk. Disini kita akan membuat karamel, jadi biarkan madu mendidih sampai gula pasir larut bersama madu dengan sendirinya.

Kalau gula sudah larut, segera matikan api. Lalu, masukkan selai skippy ke dalam panci tersebut dan aduk hingga merata. Saat mengaduk karamel dengan selai, api tidak perlu dinyalakan lagi ya.

Setelah karamel dan selai skippy tercampur rata, tuang campuran skippy tersebut ke popcorn dan aduk hingga popcorn terbalur rata dengan campuran skippy. In this part, ketika campuran skippy dituang ke atas popcorn, pastikan untuk segera mengaduknya ya, agar supaya campuran tersebut tidak langsung mengering. Tapi tidak perlu panik, aduk secara perlahan saja :)


P.S jangan diamkan panci bekas karamel dan selai skippy terlalu lama karena karamel akan segera mengeras, jadi, langsung rendam dengan air ya.
Begitu semua popcorn sudah terbalur rata dengan campuran skippy, pindahkan popcorn ke nampan dan diamkan selama kurang lebih 15 menit. Gunanya adalah agar supaya popcorn tidak menjadi lengket, karena gula yang mencair akan menjadi lengket sehingga jika tidak dikeringkan, maka campuran skippy yang sudah terbalur akan membuat popcorn menjadi lengket satu sama lain.

Setelah 15 menit, tentu popcorn akan melempem. Oleh karena itu, kita akan memanggangnya terlebih dahulu sebelum menyantapnya.

Cara memanggangnya mudah sekali, siapkan teflon anti lengket dan nyalakan api kecil saja. Lalu tuang popcorn secukupnya (pastikan semua popcorn menyentuh permukaan teflon).

Tidak perlu pakai minyak atau mentega. Tutup teflon di 1 menit pertama. Tidak perlu memanggang terlalu lama, cukup 2-3 menit saja dan aduk sesekali agar panas merata ke seluruh permukaan popcorn. And it's done!
Bagi yang memiliki oven, maka boleh lewati bagian pengeringan selama 15 menit yang tadi.

Dan caranya adalah, setelah popcorn dan campuran skippy tercampur rata, tuang seluruh popcorn ke baking tray.

Panggang seluruh popcorn dengan suhu 350° selama 10 menit.

And voila! Chocolate Peanut Butter Popcorn ready to served :)
P.S lamanya waktu memanggang tergantung dengan sedikit-banyaknya popcorn yang akan kita panggang, jadi coba untuk disesuaikan ya.

Nah, bagaimanakah rasanya?

Rasanya tentu saja manis, gurih dan yang terpenting adalah… Enaaaak!
Seperti yang aku bilang, karena selai kacangnya memiliki rasa yang agak sedikit asin, jadi manis dari coklat kacangnya pun sama sekali gak bikin eneg, justru malah bikin nagih. Nyumm…
Daripada diceritain terus, mending langsung dicoba deh. Hihi.

Selamat mencoba! ❤

 

IMG_20180418_104742-01
Popcornnya jadi sebanyak ini 🙂

 

Disclaimer: Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan dan Praxis sebagai perwakilan SKIPPY® Peanut Butter Indonesia.

Advertisements

5 thoughts on “Popcorn Rasa Coklat Kacang with SKIPPY® Peanut Butter (Gak Bikin Eneg!)”

    1. Iya, memang keliatannya kaya susah-susah gampang gitu ya.. Tapi kalo udah dijalanin ga sesulit yg dibayangkan kok hehe.

      Wah, iya bener banget. Justru kurang suka sama yg kemasan krn manisnya berlebihan.. :’)

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s