Resep Macaron Rasa Es Doger [Cooking Class Edition]

Halo Foochiers!

Seperti yang aku janjikan kemarin, kali ini aku akan share resep macaron rasa es doger yang aku dapat dari cooking class dengan Arkamaya Culinary School.

Bahan-Bahan:


•  Macaron

– Almond powder (100 gr)
– Icing sugar (100 gr)
– Putih telur #1 (70 gr)
– Gula pasir (135 gr)
– Air (40 gr)
– Putih telur #2 (40 gr)

Isian Krim Doger

– Whipped cream (100 gr)
– Santan kara (25 gr)
– Tape singkong (50 gr)
– Gula pasir #1 (16 gr)
– Kuning telur (30 gr)
– Gula pasir #2 (16 gr)
– Corn flour/maizena (16 gr)

•  Topping

– Sirup merah (30 gr)
– Potongan dadu kelapa muda (50 gr)
– Pacar cina (50 gr)
– Ketan hitam (30 gr)
– Taburan roti tawar (bread crumbs)
– Butiran kacang almond atau tanah

Step by Step:

•  Macaron

1. Saring almond powder dan icing sugar bersamaan ke dalam satu mangkuk.
2. Masukkan putih telur #2 dan aduk rata menggunakan spatula.



3. Setelah itu, masukkan pewarna makanan dengan warna merah. Cukup 4 sampai 5 tetes agar warna menjadi pink. Aduk hingga rata.

4. Buat karamel dengan cara masukkan air dan gula pasir ke dalam panci kecil, nyalakan api ukuran medium. Panaskan hingga panas mencapai 120°C. *JANGAN DIADUK!

5. Siapkan mixer dan putih telur #1. Mix putih telur #1 dengan kecepatan low. Di sini kita akan membuat Italian Meringue.

6. Pada saat temperatur karamel 110°C, segera campur karamel ke putih telur yang sedang di mix. Tuang dari samping dengan cepat agar temperatur tidak berubah. Cepatkan kecepatan mixer dan biarkan hingga bagian bawah mangkuk mixernya dingin.

7. Matikan.

PS: jika ingin memastikan sudah ready atau belum bisa dengan mengangkat mangkuk dengan cara dibalik (bagian bawah mangkuk berada di atas). Meringue yang sudah jadi tidak akan tumpah.

8. Selanjutnya, ambil 1/4 italian meringue menggunakan spatula dan campur ke dalam mangkuk adonan almond powder. Aduk secara merata dan pastikan tidak ada gumpalan.

9. Setelah itu, masukkan sisa italian meringue ke dalam mangkuk adonan almond powder tadi dan aduk rata dengan teknik melipat (folding technique) untuk caranya klik di sini.

PS: cara mengetahui adonan sudah siap digunakan adalah dengan mencoba menggambar angka delapan menggunakan si adonan. sila cek caranya di sini.

10. Jika sudah siap digunakan, pindahkan adonan ke piping bag dan mulai piping adonannya ke baking tray yang sudah dilapisi baking paper. Baking tray wajib dilapisi baking paper agar adonan tidak menjadi lengket, sehingga mudah nantinya untuk diangkat.

11. Kalau tahap piping sudah selesai, tap-tap baking tray secara perlahan agar tidak ada bubble atau balon-balon di adonannya.

12. Diamkan sekitar 1 – 2 jam atau sampai adonan tidak lagi lengket ketika disentuh dengan jari. Boleh dibantu didiamkan dengan kipas angin.

13. Jika adonan sudah set, panggang macaron di suhu 135°C selama 20 menit.

*macaron di gambar tidak hanya punya aku, baca ini.
*macaron di gambar tidak hanya punya aku, baca ini.

20 menit kemudian ….”

14. Setelah dikeluarkan dari oven, segera pisahkan macaron dari baking tray ke alas yang tidak menghantarkan panas seperti kayu agar macaron tidak lanjut masak. TETAP BIARKAN MACARON DI ATAS BAKING PAPER (JANGAN DILEPAS).

*PERLU DIGARISBAWAHI: BAKING TRAY DAN BAKING PAPER BERBEDA YA*

15. Diamkan macaron yang masih berada di atas baking paper selama 15 – 20 menit atau sampai sudah tidak lagi hangat.

16. Begitu sudah dingin, angkat atau pisahkan macaron dari baking paper dan jangan lupa cari pasangannya antar satu sama lain 😀


•  Isian Krim Doger

1. Masukkan kuning telur dan gula pasir #1 ke dalam satu mangkuk. Mix dengan menggunakan hand mixer. Setelah tercampur rata, tambahkan corn flour/maizena dan santan kara ke dalamnya dan mix kembali.



2. Panaskan whipped cream, tape, dan gula pasir #2 di sauce pan dengan api kecil. Cukup panaskan hingga hangat saja, jangan sampai mendidih.

3. Jika sudah hangat, tuang 1/2 ke mangkuk adonan maizena tadi, aduk hingga rata.

4. Setelah itu, tuang kembali adonan di mangkuk tadi ke sauce pan dan panaskan dengan api sedang. Aduk terus dan jangan berhenti agar kuning telur tidak menjadi dadar.

5. Kalau sudah, matikan api.

6. Bentang plastik wrap ukuran persegi di atas talenan atau boleh langsung di counter. Tuang adonan ke atas plastik wrap dan bungkus rapat. Diamkan hingga tidak lagi hangat, lalu masukkan ke dalam freezer selama 15 – 20 menit atau sampai dingin.

7. Apabila sudah dingin, keluarkan dan mix kembali dengan hand mixer kecepatan low hingga halus.

8. Masukkan pacar cina dan kelapa, mix kembali hingga tercampur rata.

9. Tuang adonan yang sudah menjadi krim ini ke piping bag dan masukkan ke dalam chiller/pendingin. Keluarkan dari chiller saat krim akan digunakan.

It’s time to putting all together! XD

Tadaaaa! :3

Yang ada di dalam:
– isian krim doger
– ketan hitam
– taburan kacang

Topping di atas:
– sirup merah
– bread crumbs

and that’s it 😉

Selamat mencoba guys!


PS: Dari pengalaman ini aku tidak pernah lagi mengeluh atas mahalnya harga macaron di pasaran. Karena bikinnya emang sesusah itu hahaha *cry laugh emoji*

Oke bye.

One thought on “Resep Macaron Rasa Es Doger [Cooking Class Edition]”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s