5 Blogger Andalanku dan Panutanku #9

Sebagai manusia yang hidup di zaman teknologi, tentu internet bukan lagi hal yang asing. Internet telah menyediakan begitu banyak platform seperti Youtube, Instagram, Facebook, Pinterest, dan Twitter. Di platform tersebut banyak video dan gambar yang bisa kita nikmati dan beri komentar, begitupun sebaliknya. Selain itu, ada beberapa platform yang menyediakan lebih banyak tulisan dibanding dengan video atau gambar seperti Blogspot, Wix, Tumblr dan tentu saja WordPress tempat dimana sekarang gue menulis dan kalian membaca. Dari berbagai platform ini, kita bisa menggunakannya sebagai hiburan, tempat mencari teman baru, komunitas baru, hingga mendapatkan ilmu dan informasi baru.

Sebagai manusia Gen Z, tentu saja sudah banyak hal baru dan unik yang gue temui di dunia per-internet-an ini. Dan tentu banyak pula hal yang gue pelajari, entah itu terkait dengan ilmu psikologi, science, dunia perpolitikan, ilmu agama, self-love, tutorial masak, sampai belajar bahasa. Bahkan memutuskan untuk menjadi food blogger yang masih amatiran ini pun setelah berkali-kali belajar melalui internet.

Katanya kalau ingin menjadi penyanyi, kau harus belajar dari penyanyi. Maka jika ingin menjadi blogger ya kau harus belajar dari blogger. Jadi selama nge-blogging ini tentu gue banyak blogwalking ke blognya blogger-blogger kece. Dari sekian banyak blogger, gue punya beberapa panutan nih. Siapa sajakah mereka?

(gue) screenshot blog PanduanIm

Satu, PanduanIm (panduanim.com)

Blog ini adalah blog yang menyediakan (banyak) pembelajaran terkait strategi marketing blog dan juga menyediakan berbagai informasi mengenai blog khususnya wordpress yang tersedia dalam bentuk modul *keren banget emang*. Pertama kali gue tau blog ini adalah pada saat gue masih bingung memikirkan niche yang bagus dan cocok untuk gue. And I have to say, I’m in love with this blog, karena emang sebaik itu dia memberikan informasi mengenai dunia blogging, terlebih tentang “wordpress” yang dia beri secara cuma-cuma alias gratis, yang padahal ya informasi-informasi seperti itu kebanyakan hanya bisa didapatkan dengan mengikuti workshop berbayar. #IKR

Bahasa yang dia gunakan amat teramat sangat mudah untuk dipahami, bahkan rasanya seperti sedang mendengar dia bicara secara langsung. Buat kalian yang pengen banget belajar tentang dunia blogging khususnya wordpress, atau mau mendalami strategi marketing blog, I highly recommend you this! Nggak nyesel deh. Sumpeehhhh hahaha.

P.S tbh gue sebenernya nggak ngerti sih dia itu termasuk blogger atau nggak, tapi since bahasa yang dia gunakan (like what I said earlier) light banget kaya blogger-blogger gitu jadi anggap aja blogger ya hehe.

(gue) screenshot blog Almazia.co

Dua, Almazia.co (www.almazia.co)

Kenal snapseed pertama kali karena blogwalking ke blognya Kak Alma ini. Blog ini tidak hanya membahas dunia perfotografian smartphone, tapi juga membahas tentang lifestyle, travel, dan juga blogging serta design. Gue biasanya berkunjung ke blog ini kalau lagi pengen cari tau tips & trick blogging yang singkat gitu penjelasannya. Dan gue betah biasanya kalau berkunjung ke blog ini karena design blog-nya bagus, eyecatching. Fyi, Kak Alma ini adalah co-founder BPN yang ramah banget terhadap member BPN loh! *ig gue aja sampe di follow*. Pernah juga beberapa kali nanya terkait blogging sama dia di DM instagram dan dibalas langsung dengan jelas. #thankyoukak

(gue) ss blog Wanderbites

Tiga, Wanderbites (www.wanderbites.com)

Gue tau blog ini dari akun instagram pemiliknya langsung yaitu, Fellexandro Ruby atau biasa disebut Captain Ruby, yang mana beliau ini adalah tutor food photography pertama gue pada Jemma Class yang gue ikuti di awal tahun 2018 lalu, yang juga udah pernah gue ceritain disini. Blognya membahas tentang food photography, food, dan travel. Yang lebih sering gue baca disini tutorial dan tips & trick tentang food photography-nya sih, penjelasannya ditulis dengan bahasa inggris tapi ringan dan tentunya jelas. Yang disayangkan adalah tulisan terkait fotografinya sampai saat ini belum up lagi sejak November 2017.

(gue) screenshot blog Gitasav

Empat, A Cup of Tea (gitasavitri.blogspot.com)

Kalau ketiga teratas tadi lebih banyak membahas tentang dunia per-blogging-an dan fotografi, kalau yang satu ini lebih banyak membahas tentang peliknya kehidupan zaman sekarang lewat opini bebasnya si blogger. As you can see on the link itself, blog ini miliknya Gitasav yang lebih dikenal sebagai youtuber dan influencer Indonesia. Gue suka mbaca opini yang dia lontarkan diblognya ini. Open-minded. Apalagi semenjak banyak netijen yang suka bombardir asal pointing finger on her tentang beberapa hal yang pernah dia share di youtube dan atau instagramnya, yang tidak satu suara dengan para netijen tersebut. Bukan untuk ikutan bombardir dia ya, gue hanya tidak suka mendengar atau membaca segala sesuatu dari sebelah pihak, jadi dengan membaca blognya dia ini gue bisa mengerti maksudnya atau pendapatnya, meski terkadang beberapa opini yang disampaikan blogger ini tidak sama dengan apa yang gue pahami atau yakini, tapi ya yaudah, gue cukup mengetahui dan memahami aja. Karena kenyataannya tiap satu kepala selalu berbeda pendapat.

(gue) ss blog Zahra Tsabitah

Lima, Zahra Tsabitah’s Blog (zahratsabitah.blogspot.com)

Ini adalah blog tentang review make up dan skin care yang sering gue kunjungi. Biasanya gue kunjungi kalau lagi ngga ada kerjaan gitu sih, iseng suka bacain beberapa postingannya. 

Blogger ini adalah salah satu blogger yang ambisius dan menginspirasi gue untuk terus semangat dalam ngeblog. Blogger ini pernah request resep untuk postingan blog gue, dan sering kali bantu promosi postingan blog terbaru gue di igstory-nya. Iya, gue sedeket itu sama blogger ini karena dia adalah temen gue. Zahra ini adalah temen blogging seperjuangan gue sejak kelas 2 SMP sampai sekarang ini. Sama-sama sempet off dari dunia blog sampai akhirnya kembali lagi dan dia yang lebih dulu memulai, dia juga yang semangatnya masih sangat berkobar tinggi hingga sekarang. Keren!

P.S: SS adalah singkatan dari screenshot.


Oke, itu saja dari saya hari ini. Maaf kalau bagian penutupnya selalu begini-gini aja nggak ada yang spesial, karena ini bukan martabak apalagi nasi goreng #yhaa.

Sekian dan terima kasih.




11.47 pm, dengan mata yang Alhamdulillah sudah tidak bengkak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s