5 Tips Hidup Sehat Versi Gue Untuk Gue #12

Mulai dari Maret 2017, gue memutuskan untuk hidup sedikit sehat. Mengurangi konsumsi mi instan menjadi 1 bulan 1 bungkus, mengurangi konsumsi kopi instan menjadi 1 minggu 2 bungkus, maksimal jam 11 malam sudah harus tidur, dan olahraga sehari sekali. Olahraga yang gue lakukan bervariasi, terkadang sepedaan di sore hari atau yoga di kamar yang panduannya gue intip dari aplikasi.

Sayangnya, sudah 8 bulan ini hidup gue menjadi sangat tidak sehat. Tepatnya dari bulan Mei 2018. Mulanya karena “gangguan jiwa” yang diberikan oleh dosen pembimbing skripsi gue *hahaha*, gue jadi jarang banget olahraga, bahkan hampir nggak pernah. Gue juga jadi kalap minum kopi instan tiap satu hari dua bungkus demi begadang tiap hari bahkan terkadang tidur di pagi harinya setelah subuh. Terus makan mi instan seminggu bisa 5-6 bungkus sebagai ganjelan perut di tengah malam ketika sedang begadang. Ditambah konsumsi cemilan ber-msg seperti chiki-chikian setiap harinya. Miris memang.

Sejak bulan September 2018, saat urusan skripsi Alhamdulillah selesai, hidup gue menjadi agak sedikit lebih sehat. Konsumsi kopi instan mulai dikurangi sehari satu bungkus, mi instan juga jadi seminggu 3 bungkus, tapi begadangnya masih. Desember ini, gue mulai memutuskan untuk mengembalikan kebiasaan sehat gue dengan memulai kembali rutinitas olahraga. Tapi nggak sepedaan karena lagi musim hujan, jadi diganti dengan fitness dance. Yang semoga saja terus berlanjut.

Jadi, inilah tips hidup sehat dari gue untuk gue yang sedang berusaha mengembalikan hidup menjadi agak sehat.

Oke, mulai.

1. Rajin Minum Air Putih

Sejak Juni 2017 gue mulai mencoba untuk rajin minum air putih, pada saat itu gue mengusahakan untuk minum setidaknya sehari 500 ml. Thanks to Water Drink Reminder App, jadwal minum gue jadi terkontrol berkat fitur remindernya yang terus muncul di bar notif hape gue tiap 60 menit sekali. Lama-kelamaan menjadi kebiasaan, hingga akhirnya gue pun mulai menambah takaran menjadi 700 ml per hari minimalnya yang takaran ini masih menjadi patokan minum gue di hari ini.

Pic from here

Sebenernya tiap berat badan itu memiliki jumlah takaran minum wajib yang berbeda. Seperti misalnya gue, saat ini berat badan gue 48 kg, berarti takaran air minum yang gue butuhkan setiap harinya adalah 1.548 ml atau 1 liter 548 ml. Tau darimanakah gue? tau dari aplikasi Water Drink Reminder tersebut. Make senses sih, karena memang setiap orang kan berat badannya berbeda-beda yang otomatis kebutuhannya juga berbeda-beda. Jadi slogan “sehari seliter” atau “sehari 8 gelas” itu kurang tepat.

pic from here

Sampai detik ini, gue selalu rajin minum air putih. Kalau lagi males banget biasanya ngepas sih cuma 700 ml. Tapi kalau lagi rajin bisa sampai 1 liter 500 ml.

Ini sih sebenernya jawaban dari kenapa gue sering buang air kecil. Jadi — curhat lagi — temen-temen kampus gue itu men-cap gue sebagai anak yang “beseran”, dikit-dikit ke kamar kecil mulu buat pipis. Sampe ada yang kasih gue saran untuk berobat ke dokter karena khawatir itu penyakit #aaaaw #thatissosweetactually #hahaha. Padahal mah gue pipis mulu karena minumnya banyak, bukan karena sakit. *semoga temen-temen gue baca*. Karena justru kalau minumnya banyak, tapi pipisnya nggak banyak, itu yang harus dipertanyakan sih. Bisa jadi ada masalah di pencernaan.

2. Kurangi Konsumsi Mi Instan

Yang instan tuh memang enak pake banget, tapi tingkat kesehatannya tuh nggak pake banget. Sayangnya, banyak yang lebih memilih mengambil enaknya dan membuang kesehatannya. Salah satunya gue sih 😥 Tapi, seperti yang gue bilang sebelumnya, gue sedang mencoba untuk kembali hidup agak sehat. Dan salah satu usaha yang akan gue terapkan kembali ya dengan mengurangi frekuensi makan mi instan, dengan perlahan tentunya, dua minggu 1 bungkus. Bismillah!

3. Rutin Olahraga

Ini umum banget ya. Semua orang juga tau kaleee tips hidup sehat itu ya salah satunya olahraga, hahaha. Tapi ya biarin dong.

Saat ini, gue sedang berusaha mengembalikan rutinitas olahraga gue. Gue memilih untuk melakukan fitness dance dan combat fitness dance yang tutorialnya gue ikuti dari salah satu channel youtube fitness dance yaitu, Saskia’s Dansschool. Channel ini adalah channel exercise favorit yang udah gue subscribe sejak 2016 lalu. Gue seneng karena gerakannya simpel, mudah diikuti, dan mereka juga menyediakan video tutorialnya khusus.

combat fitness dance yang lagi gue ikutin

Gerakan simpel yang mereka sajikan itu memang keliatannya kaya beneran simpel banget, tapi pas dicoba, Masya Allaahhhhhh capeknya itu berasa banget. Degupan jantung langsung jedug-jedug. Ya at least buat gue yang udah nggak pernah olahraga selama 8 bulan sih hahaha.

fitness dance yang lagi gue ikutin

Btw, untuk fitness dance-nya sebenernya udah gue ikutin dari sejak 2017, jadi udah ada beberapa gerakan yang gue hafal. Makanya sekarang gue mau ngelanjutin lagi biar makin hafal, muehehe.

4. Rajin Konsumsi Sayur dan Buah-Buahan

Alhamdulillah sejak kecil gue udah gemar makan segala jenis sayur kecuali daun pepaya, dan senang sekali makan berbagai jenis buah-buahan. Ini adalah salah satu hal yang sangat sangat sangat gue syukuri karena sayuran dan buah mampu mendetoksisasi kotoran yang ada di tubuh manusia.

5. Istirahatkan Mata dari Cahaya Biru Layar

Cahaya biru layar yang gue maksud adalah cahaya perangkat elektronik, seperti; henpon, laptop, komputer, TV. Setiap hari semua orang pasti bakal pantengin at least satu dari ketiga perangkat itu sih. Dan kadang tanpa sadar, kita pantengin nonstop selama berjam-jam. Padahal kan nggak baik untuk kesehatan mata.

Gue dulu termasuk salah satunya, tapi sekarang sudah gue kurangi. Setidaknya meskipun sekarang gue harus menulis blog atau mencari-cari lowongan pekerjaan di depan laptop dalam waktu yang lama, gue akan mengistirahatkan mata dengan tiduran sebentar, membantu mengerjakan pekerjaan rumah seperti mencuci piring, menjemur atau mengangkat pakaian, menyiapkan makan, dan membereskan meja makan. Apa saja yang penting jauh dari menatap layar monitor.

Gitu.

Sekian dulu ya, semoga ada manfaatnya ya tulisan dari tantangan kali ini. Selamat pagi (?).



02.09 am, ngantuk.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s