5 Hal yang Ingin Gue Lakukan di Tahun 2019 Mendatang (bukan resolusi) #17

Rasanya kaya manusia penuh resolusi banget, mhuahaha. Tapi apalah daya tuntutan tantangan, ya harus tertantang dong #hazek. Yowis langsung tulis ajalah, bingung akutu mau basa-basi apa.

*tarik napas cepat*

*tahan*

*terus tahan*

mulai!

*gaje banget, gaje! ew*


1. Magang

Eheuheu, iya magang. Kebanyakan freshgraduated abis lulus maunya mah kerja, gue mah beda. Nggak tau apakah ini karena gue tinggal di planet, atau karena gue adalah alien supranatural (?) jadi keinginan gue itu berbeda dari kebanyakan (?) orang.

Apasih gak jelas banget! haaahhhhhhhhhhh -_-

2. Belajar Tahsin

Setelah 6 tahun dulu gue mondok. Terus gue udah nggak pernah lagi mendalami tajwid dan lain sebagainya itu. Kalau bahasa anak webtoon mah, “hiatus”. Gue hiatus belajar mbaca al-qur’an selama 4 tahun. Dan baru-baru ini gue mulai merasa resah dan nggak nyaman. Jadilah gue berencana untuk mulai belajar tahsin lagi, dari awal nggak apa-apa.

Belajarnya dimana? gue masih belum tau. Sekarang lagi tahap pencarian. Udah nemu banyak tempat sebetulnya, tapi beberapa gue merasa kurang sreg. sekalinya ada, isinya ibu-ibu semua, atau, biaya masuknya bikin gue — anak usia 22 tahun yang belum kerja dan udah nggak suka lagi minta duit ke orang tua — nganga kaya kuda nil.

kek gini.

3. Volunteering (ini kenapa gue maunya magang aja!)

Nah bingung kan lu, orang yang masih misqueen kek gue gini mah kebanyakan doyannya cari duit, lah gue malah maunya kerja sukarela. Gue juga nggak ngerti kenapa, gue tuh nggak suka duit sih soalnya. Duit tuh cuma bikin masalah aja kerjaannya. Bikin orang kalap belanja, berlomba-lomba pamer barang, bikin orang jadi nggak puas, sampe berkahir dengan korupsi. *lah jadi ngomongin duit* *tepok jidat*

Jadi, gue ini kebanding melakukan tradisi “lulus-kerja-nikah-beranak-bercucu-mati”, gue lebih suka “masih muda, masih lajang, waktunya bertualang dan belajar sesuka hati, urusan duit dan keberlangsungan hidup lainnya itu belakangan. Sebagai muslim, kita punya Allah yang Maha Kaya dan Maha Pengasih jadi nggak usah khawatir”. Gitu. #ASIKGAYABANGETGAKSIHGUE #MAUNANGIS!

Gue mau menjelajahi berbagai tempat atau komunitas dimana gue bisa menjadi lebih open-minded. Bisa lebih tau apa aja yang sebenarnya ada di bumi yang luas ini. Bisa lebih mengenal arti keberagaman. Dan bisa bertadabbur ria tentunya.

Anyway, gue sedang berusaha mendapatkan kesempatan untuk bisa menjadi volunteer pada program SaveChildren di Kamboja pada bulan Juni mendatang dan Youth AG Summit di Brazil pada bulan November mendatang. Doakan aku diterima ya! Aamiin.

4. Rajin Baca Buku

Berdasarkan studi World Most Literate Countries yang dilakukan oleh Presiden Central Connecticut State University (CCSU), John W Miller, Indonesia berada di peringkat 60 dari 61 negara pada 2016*. Dan gue adalah salah satu rakyat yang mendukung Indonesia menduduki peringkat kedua terbawah. Sedih ya? hiks.

Selain karena Indonesia menduduki peringkat terbawah, gue juga merasa bahwa otak gue ini (akhirnya) mulai haus akan ilmu yang selalu gue tahan terus hausnya. Jadilah seret, sampe jadi batuk berdahak ini otak gue [re:bego banget]. Itulah kenapa, gue ingin “mencoba” menambah frekuensi buku bacaan gue di tahun 2019 nanti. Seperti di tahun 2018 ini, gue cuma berhasil baca 9 buku (1. Rentang Kisah: Gitasav, 2. Rindu: Tere Liye, 3. The Book of Forbidden Feelings: Lala Bohang, 4. Botchan: Natsume Soseki, 5. Be Calm, Be Strong, Be Grateful: Wirda Mansur, 6,7,8,9. 4 Komik: Hai, Miiko! ), nah, di tahun 2019 nanti gue akan coba tambahin jumlahnya. Tapi gue nggak mau langsung naik drastis kaya jadi 40 buku gitu, karena gue nggak mau nantinya malah jadi terasa kaya nyiksa diri, jadi perlahan aja. Misal, jadi 10 buku (?) #wkwkwkwk

5. Rajin Nulis

Selain mbaca, gue juga pengen ningkatin kualitas menulis gue. Apalagi struktur EYD sih, hahaha. Sejak dua semester kemarin gue sibuk nulis skripsi yang diwajibkan dari prodi gue tulis dengan bahasa arab, gue jadi lupa gimana caranya nulis bahasa indonesia yang sesuai dengan aturan (meskipun sebenernya emang gatau sih #bodohemang #pencitraan).

Jadi, semoga saja terealisasikan. Semuanya. Aamiin.


16.27 pm, masih di Planet Bekasi Shelathan.



*) sumber: https://lifestyle.okezone.com/read/2018/05/17/196/1899292/paling-rendah-se-asia-tenggara-peringkat-berapa-minat-baca-masyarakat-indonesia

sumber gambar: https://pixabay.com/id/binatang-menyusui-hewan-rumput-alam-3321066/

Advertisements

4 thoughts on “5 Hal yang Ingin Gue Lakukan di Tahun 2019 Mendatang (bukan resolusi) #17”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s