Bikin Sambal Pencit (Mangga Muda), Enak Banget!

Halo Foochiers!

Jadi beberapa waktu lalu, aku silaturahmi ke rumah salah satu saudara di daerah kawasan Jakarta. Di rumah saudaraku ini ada kebun yang memang milik mereka dan mereka urus sendiri. Dari sekian banyak pohon, salah satunya adalah pohon mangga kelapa. Nah, tanteku ini suka banget sama mangga muda, katanya enak untuk dibikin rujak atau sambal. Jadi, seringkali mangganya belum matang tapi sudah dipetik. Setelah cerita kalau sambalnya sering dimakan bersamaan dengan ini dan itu, tanteku bagi-bagi beberapa buah mangga ke saudaraku yang juga sedang berkunjung dan tentu saja ke aku. Aku kebagian tiga buah, dan jangan salah, tiga buah itu udah banyak banget!

mangga kelapa itu ukurannya besar banget!
sumber: publicinsta.com

Begitu sampai rumah, keluargaku minta mangganya untuk dibuat jadi sambal saja, sedang tidak tertarik dengan rujak soalnya. Nah, bodohnya adalah aku lupa nanya resep sambal tanteku itu kaya gimana. Dan bodoh yang kedua adalah nggak kepikiran untuk nanya via chat -_-

Yaudah deh, akhirnya aku searching di internet dan nemu banyak banget resepnya. Dari sekian banyak resep (yang aku sampai lupa dari mana saja -.-‘ ) aku menggabungkan semuanya dan jadilah sambal mangga muda!

Aku santapnya langsung di atas cobeknya biar terlihat lebih menggiurkan gitu *ahaha. Disantap bareng tempe goreng kering dan ya ampun enak banget banget banget! Aku sampai nambah nasi tiga kali :”) padahal biasanya kalau nambah nasi cuma satu kali saja. Bahkan Bapakku yang biasanya makan sedikit juga ikut nambah berkali-kali. Sungguh aku terhura, guys :”)

Oke, cukup untuk ceritanya, aku langsung share saja ya resepnya.

Bahan-Bahan:

  • Cabai merah keriting (10 buah)
  • Cabai rawit merah (3 buah) *yang aku gunakan ukurannya besar-besar, lebihkan bila ukuran cabai kalian kecil
  • Mangga muda kelapa (1/4 buah)
  • Bawang merah (5 siung)
  • Gula merah (2 sdm)
  • Terasi bakar (1 sdm)
  • Garam (2 sdt)
  • Jeruk nipis (1/2 buah)

Step by Step:

  • Ulek semua cabai, bawang merah, terasi, dan gula merah. Tidak perlu terlalu halus. Kalau sudah, pinggirkan.
  • Iris tipis mangga muda dengan ukuran panjang seperti stick.
  • Campur irisan mangga ke sambal sambil sesekali tekan mangganya dengan ulekan atau dengan sendok agar sari dari mangganya keluar. Ingat, jangan diulek ya, cukup tekan secara perlahan.
  • Setelah itu, berikan perasan air jeruk nipis dan sambal siap disajikan!


Sambal ini enak banget banget banget. Rasanya pedas, manis, asin, asam, dan segaaarrrr. Nikmat banget disantap berbarengan dengan tempe goreng, tahu goreng, kulit tahu, juga ikan goreng. Iya terutama seafood, sih, karena sambal ini bisa jadi penawar rasa/bau amis dari seafood-nya <3.

Kalau aku pribadi lebih suka makan sambal ini sama tempe goreng. Tempe direndam dengan air garam dan bawang putih, terus goreng tempenya bersamaan dengan bawangnya *ala ala goreng steak gitu* sampai tempenya kering dan langsung deh makan berbarengan dengan mangganya. Rasanya tuh masya Allaahhhh… mantul :”)

Oiya, fyi, mangganya nggak perlu mangga kelapa kok, bisa diganti dengan mangga apapun yang penting masih muda. Tapi kalau pakai mangga lain, takaran mangganya disesuaikan sendiri ya, karena ukurannya pasti beda dari mangga yang aku gunakan ini.

Baiklah, itu saja untuk hari ini. Selamat mencoba dan selamat kalap! hehehe.

K bye.

One thought on “Bikin Sambal Pencit (Mangga Muda), Enak Banget!”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s